Jumat, 29 Agustus 2014

WARNA CAT IMAN

AdiDharma17

WARNA CAT IMAN



Seorang pria yang sedang duduk termenung sambil memandangi pagar halaman rumahnya, sedang berpikir untuk membuat agar pagar halamannya tidak kelihatan kusam dan kotor. Setelah menyiapkan segala sesuatunya ia mulai memoles pagar halaman rumahnya, dipolesnya dengan warna putih.

Setelah selesai ia memandangi hasil pekerjaannya, ia begitu menyukai warna pagar halaman tersebut, putih bersih dan memberi kesan sejuk serta bersinar. Namun hanya beberapa hari kemudian ketika ia keluar dari dalam rumahnya, ia sangat terkejut. pagar halamannya dipenuhi oleh noda-noda hitam yang berasal dari kotoran burung-burung.

Kembali ia berpikir dan mencari cara agar pagar halamanya tidak terpengaruh oleh noda-noda atau kotoran. setelah mempersiapkan segala sesuatu, maka ia mulai lagi mewarnai pagar halamannya dengan warna baru; diwarnainya dengan warna hitam.



Setelah selesai, ia memandangi hasil pekerjaannya dan berkata didalam hatinya: "sebanyak apapun kotoran burung-burung atau noda yang menempel pastilah tidak akan kelihatan lagi".

Namun hanya beberapa hari kemudian, ia kembali terkejut ketika melihat pagar halamannya. Pagar halamannya tidak lagi berwarna hitam, seekor kerbau yang penuh dengan lumpurmenggosok-gosokkan badannya pada pagar halaman tersebut dan sinar matahari menjadikan lumpur tersebut kering sehingga menjadi berwarna putih.

***

Kadang kala sebagai orang percaya anda berpikir, dengan iman yang sekarang, ahh... betapa indahnya; penuih dengan semangat, keceriaan sukacita menyala-nyala, serasa Allah sangat dekat sekali. Tanpa ada usaha mempersiapkan diri menghadapi ujian-ujian yang harus dilewati. sehingga saat ujian-ujian atau pencobaan yang datang dan menghantam iman, mengakibatkan kerusakan yang dahsyat. kembali jatuh, kembali jatuh dan seterusnya jatuh.

Kemudian berpikir: "saya harus begini atau begitu agar tidak jatuh dalam pencobaan". Sering sekali berusaha mengubah "warna cat iman" agar dapat menghindar dari ujian, lari dari ujian. Yach... berusaha lari dari ujian bukan berusaha menghadapinya dan bertahan untuk menang.

Tanpa sadar, sering berusaha memecahkan permasalahan iman dengan logika dan resiko, mengandalkan kekuatan sendiri, dan mengandalkan pengertian sendiri. Allah tidak dilibatkan didalamnya, sehingga untuk setiap pencobaan/ujian yang datng selalu mengalami kekalahan dan kemudian berusaha mengubah "warna cat iman", agar orang melihat warna yang indah dari iman tersebut tetapi merupakan warna yang semu.

Banyak waktu yang dipakai untuk mengubah "warna cat iman", hari-hari berlalu tanpa adanya penyerahan diri yang penuh kepada Allah sehingga kekecewaan dan kegagalanlah yang menjadi bagian akhir dari hidup ini.



by: Made Sudarma
source: Liturgi Joel Edisi 129: 17 Agustus 2014


1 komentar:

  1. * KUNJUNGI SITUS KAMI DI *

    WWW.ID303.INFO


    MENANG BERAPAPUN, PASTI KAMI BAYAR !!! *


    * Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop :

    - WA : 08125522303
    - BBM : CSID303



    Sabung Ayam S128 Deposit Pulsa


    Agen Sbobet Terbesar


    www.bakarayam.org

    BalasHapus